Zona Aktualita dan Transformasi Idea Pergerakan


(Seputar Progress Report Kepanitiaan Base Camp Permanen Ngalah)

Temu Alumni, Sillaturrahmi Alumni, Laporan Proggress Report Panitia Pembangunan Kantor, dan Potong Tumpeng (31 Juli 2016)

Temu Alumni, Sillaturrahmi Alumni, Laporan Progress Report Panitia Pembangunan Kantor, dan Potong Tumpeng (31 Juli 2016)

 

Oleh: Makhfud Syawaludin*

A. Pengantar Yang Sama, Menggapai Hasil Yang Berbeda

Warisan tekad penggerak PMII Ngalah terdahulu, tanpa ada katalisatornya pun akan sampai pada generasi penggerak selanjutnya. Mengapa itu bisa terjadi? Hemat saja, bahwa PMII mengajarkan kita semua untuk berpikir bebas, bertanggungjawab, visioner, dan tidak mengenal menyerah. Bersyukur sekali bahwa sampai hari ini, tekad penggerak PMII Ngalah terus terwariskan dengan rantai silaturrahmi yang tetap terjaga dan beberapa kali mengilhami generasinya. Satu contoh adalah Gagasan Base Camp Permanen PMII Ngalah.

Sepengetahuan penulis, Gagasan tersebut diimplementasikan untuk pertama kalinya di periode komisariat 2002-2003, yakni saat ketua komisariat PMII Ngalah adalah Sahabat Ahmad Marzuqi dan yang mendapatkan mandat sebagai Ketua Panitianya adalah Sahabat M. Dayat. Hingga tahun 2012, terbesit sebentar dalam diri penulis untuk menggagas Base Camp Permanen. Besitan itu disambut baik waktu itu oleh Sahabat Amang Fathurrohman (Ketua Komisariat 2000-2001). “Golek tanah wes, cilik-cilik, nanti bangun gubuk-gubuk begitu.” Ujarnya.

Penulis tidak pernah melakukan survey, dan kalaupun disurvey, penulis yakin bahwa semua masa akan memikirkan sebuah Base Camp permanen tersebut. Hingga akhirnya, Sahabat A. Afiful Karim Zain menyelenggarakan pertemuan alumni saat pelantikannya (24 Januari 2016) di Aula Pancasila UYP, satu hasilnya adalah implementasi gagasan Base Camp Permanen PMII Ngalah tersebut. Berawal dari itulah, Heri Sutiro selaku Ketua II menggelar pertemuan alumni yang berfokus pada tindak lanjut pertemuan tersebut. Tepat saat Gerhana Matahari (9 Maret 2016) di Base Camp PK PMII Ngalah (kontrakan), berhasil membentuk kepanitiaan pembangunan kantor PMII Ngalah. (Kepanitiaan bisa di lihat di pmiingalah.wordpress.com dengan judul: Jilid I: Catatan Gagasan & Implementasi Base Camp Permanen PK PMII Ngalah Universitas Yudharta Pasuruan).

Selanjutnya, bagaimanakah perjalanan kepanitiaan tersebut? Masih berjalankah? Sejauh mana perjalanannya? Apa hasilnya selama ini? Dan masih banyak sekali pertanyaan-pertanyaan. Setidaknya, gagasan tersebut sudah menggelinding layaknya bola salju yang akan terus membesar. Sedikit bocoran, sampai tanggal 14 September 2016, Donatur sudah mencapai 51 Kader & 38 Alumni (total, 89 Donatur). Berdasarkan data tersebut, akan terkumpul dana sebesar Rp. 24.050.000. Selebihnya, Pasti ada jalan. Kita yakin itu.

 

Gambar I: Data Donatur Alumni

i

 

Gambar II: Data Donatur Kader

ii

 

Gambar III: Grafik Donatur Alumni & Kader

iii

B. Berbagai Teknis Kepanitiaan Suksesi Kantor Pergerakan

Pembagian tugaspun menjadi rentetan dead line yang harus dikerjakan oleh kepanitiaan. Mulai pembuatan proposal, stempel kepanitiaan, rapat-rapat kepanitiaan, survey tanah, dan menjemput alumni & kader sebgai donaturnya. Pertama, pembuatan proposal terkendala terkait Desain Bangunan Kantornya. Yang pada akhirnya, menggunakan desain ala photoshop. Stempel, alhamdulillah, sudah jadi. Survey tanah pun sudah beberapa kali dilakukan, meskipun belum menemukan titik terangnya, tidak jadi persoalan. “Sembari mencari tanah, kita mengumpulkan dana juga.” Keputusan rapat 9 maret 2016 tersebut. Yang pasti, Tanah diusahakan dekat dengan Kampus Yudharta dan harganya pas (sesuai pasar).

Hampir lupa, rapat-rapat berjalan dan terbantu dengan pembuatan Group Khusus WhatApps bernama “TIM ANBU NGALAH”, hanya beranggotakan 11 Kader & Alumni PMII Ngalah. Pembahasan dalam group lebih terfokus, koordinasi serius dan valid, namun sesekali humor pun terjadi. Selanjutnya menjemput Alumni & Kader untuk menjadi Donatur pun dilakukan. “Coba buat formulir online juga.” Gagas Sahabat M. Dayat selaku Ketua SC Kepanitiaan Pembangunan Kantor PMII Ngalah tersebut. Akhirnya, Penulis belajar otodidak di google dan berhasil membuat formulir online tersebut. (Bagi yang belum mengisi, silahkan klik link ini: https://goo.gl/forms/mlttkxNBxJmzgxHJ2 )

Ketika hendak merekap data form online yang masih sebanyak 21 donatur (27 April 2016), penulis mencoba menggunakan cara tradisional. Untungnya, Sahabat Wahyu Hidayatullah sebagai seorang programer, tidak tega dan mengambil alih rekap tersebut. Sejak saat itulah, Sahabat Wahyu menjadi Koordinator Data di kepanitiaan. Dalam beberapa menit saja, data sudah rapi dan dalam presentasinya yang mengagumkan membuat penulis yakin dan bersemangat. Bahwa, gagasan Base Camp Permanen ini akan semakin nyata. Selain itu, untuk kali pertama, PMII Ngalah akan mempunyai data base Alumni & Kader secara online.

Kepanitiaan juga menyiapkan form offline untuk mengakses Kader & Alumni yang tidak memilih mengisi formulir donatur secara online. Pada posisi inilah, kepanitiaan mengalami progress yang lambat. Evaluasi perihal itu disampaikan pada Temu Alumni & Silaturrahmi Alumni PMII Ngalah (31 Juli 2016), hingga menghasilkan salah satu rekomendasinya adalah sosialisasi program door to door harus dimaksimalkan. Hingga saat ini, mencapai kata maksimal masih kelelahan di tengah jalan. Namun, bukan berarti kepanitiaan diam, berbagai upaya sudah dilakukan. Setidaknya, setiap bulan akan ditargetkan 2-3 alumni yang akan dikunjungi.

Selain rekomendasi tersebut, ada bantuan pendataan alumni wilayah kampus akan dikoordinir langsung oleh M. Dayat dan wilayah MA, SMK, dan SMA dipegang oleh Abdur Rohman Amin. Beberapa minggu ini, kepanitiaan akan melakukan kunjungan dengan Beliau berdua terkait progressnya dan apa yang perlu ditindaklanjuti. Kemudian menjaga ritme kaderisasi yang lebih baik juga diperbincangkan dalam forum tersebut. Dalam forum tersebut, juga menambah kekuatan program ini, yang mana beberapa alumni (yang sebelumnya tidak) hadir dan memberikan sumbangsihnya terhadap transportasi kepanitiaan, baik lewat pembuatan selebaran dan penyetoran struk BBM.

Selanjutnya, kepanitiaan mencoba untuk menambah personil dalam pengambilan dan sosialisasi. Alhamdulillah, selalu saja ada Alumni dan Kader yang mau membantu. Hingga saat ini, kepanitiaan masih terus berbenah melalui group TIM ANBU Ngalah tersebut. Masukan-masukan dari kader dan alumni sangat kami tunggu baik saat bertemu dan melalui media sosial (group WA PMII Ngalah dan IKAPMII Ngalah, Group BBM PMII Ngalah, FB PMII Ngalah & Group Forum Diskusi PMII, serta akun twitter @PMIINgalahUYP ). Pada intinya, program ini adalah program bersama. Penulis tidak bisa menulis semuanya, inti dari tulisan ini hanya satu saja. “Percaya dan Berusaha Bersama”.

 

C. Hasil Kerja Kepanitiaan, Bukan Tanpa Kegagalan

Setelah narasi-narasi perjuangan di atas, saatnya gambar-gambar hasil perjuangan kepanitiaan program pembangunan kantor PMII Ngalah kami tampilkan. Diantaranya yaitu: 1). Persentase Pendapatan dari 89 Donatur, 2). Grafik Pertumbuhan Donasi, 3). Rekap Harian Kas, 4). Sumbangan Tidak Mengikat, dan 5). Kas Transportasi Kepanitiaan.

Sebelum itu, Donasi yang masuk di kepanitiaan sebesar Rp. 6.697.000.

 

Gambar IV: Rekapitulasi Umum

iv

 

Gambar V: Persentase Pendapatan dari 89 Donatur

v

 

Gambar VI: Grafik Pertumbuhan Donasi

vi

 

Gambar VII: Rekap Harian Kas

vii

 

Gambar VIII: Sumbangan Tidak Mengikat

viii

 

Gambar IX: Kas Transportasi Kepanitiaan

Bulan Agustus Keanitiaan sudah menyetorkan struk BBM sebesar Rp. 150.000. Bila lancar, kas transportasi akan bertambah sebesar nominal tersebut. Adapun Bulan September diusahakan juga sebanyak itu.

Bulan Agustus Keanitiaan sudah menyetorkan struk BBM sebesar Rp. 150.000. Bila lancar, kas transportasi akan bertambah sebesar nominal tersebut. Adapun Bulan September diusahakan juga sebanyak itu.

 

Dari hasil yang dicapai kepanitiaan, bukan tanpa kegagalan. Misalnya saja soal penarikan donasi, masih ada beberapa alumni yang tidak mau memberikan donasinya sampai ada lokasi tanah yang jelas, meragukan keseriusan kepanitiaan, “ayo kita tunjukkan keseriusan kita.” Ujar Ahmad Thoifur Arif selaku Sekretaris Panitia dan Ketua Komisariat Ngalah 2011-2012 tersebut. Kemudian janji-janji yang pasti ditepati entah kapan, dan lain sebagainya. Itu semua bukanlah halangan bagi kepanitiaan. Hemat panitia, “kita jalani saja sesuai keputusan rapat alumni, mencari tanah sambil mencari dana.” Ujar M. Ismail selaku Bendahara Kepanitiaan. Bahkan, panitia lapangan yang dikomandoi oleh M. Irfan Badri akan menghimpun kisah lucu, sedih, dan menarik saat menghubungi donatur dan mengambil donasi. (tunggu saja, akan terbit di web ini juga kok).

 

D. Penutup

Ini hanya bagian dari janji dan keseriusan kepanitiaan dalam melaporkan kinerjanya sebagai bentuk akuntabilitasnya terhadap Kader & Alumni PMII Ngalah. Semoga, apa yang tertulis ini dapat memberikan kepercayaan semua pihak atas keseriusan kepanitiaan. Mohon Maaf dan Terima Kasih.

“Sekali bendera dikibarkan, hentikan ratapan dan tangisan. Mundur satu langkah adalah penghianatan. SALAM PERGERAKAN.”

 

*Ketua Panitia dan bisa dihubungi di 081252375148

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: