Zona Aktualita dan Transformasi Idea Pergerakan

MaPaBa XIII


Mapaba yang ke 13 ini dilaksanakan di PP Al-karomah Ketan Ireng Prigen Pada Tanggal 09 – 12 Desember 2010 yang bertemakan “Menciptakan Spirit Berorganisasi Menuju Agent Of Change Sejati”. Pada MaPaBa yang ke 13 ini tidak terlalu banyak mendapatkan kendala yang tetapi meskipun begitu bukan berarti tidak ada sama sekali kendala yang terjadi seperti telatnya pemberangkatan para peserta dikarenakan terbatasnya transportasi yang ada, dan juga pemateri yang terkadang memiliki kepentingan mendadak ataupun terlambatnya datang ke tempat MaPaBa.

Meskipun begitu ada satu hal yang menarik pada saat MaPaBa ini, para peserta yang kadang agak malas untuk pergi ke forum dan selalu nunggu “di obrak-obrak” oleh panitia pada mapaba kali ini menjadi peserta yang taat disiplin bahkan sempet membuat kewalahan para panitia, para panitia yang masih sibuk menyiapkan segala sesuatunya di buat kewalahan dengan peserta yang lebih dahulu mendatangi forum tanpa harus di obrak2 oleh panitia dan meskipun terkadang sempat terlebih dahulu diinstruksikan oleh panitia tapi mereka dengan sesegera mungkin berkumpul sesuai dengan instruksi yang diberikan panitia.

Pada saat sesion ice breaking pun juga begitu, ice breaking yang mana merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh panitia untuk merefresh kembali fikiran para peserta mapaba yang mungkin penat dengan materi-materi yang diberikan oleh narasumber.  Pada sesion ini para peserta di beri beberapa permainan yang tidak hanya sekedar game tetapi juga dalam game itu terdapat nilai-nilai keorganisasian, nilai pergerakan yang dapat merangsang semangat dan menjadikan fikiran peserta menjadi fresh.

Di hari ketiga MaPaBa XIII diisi dengan General Review yang mana dalam sesion ini para peserta diminta untuk mereview ulang materi yang didapatkan yang mana selanjutnya akan dibentuk beberapa kelompok dan akan ada perwakilan dari setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil dari review kelompoknya, acara yang selanjutnya diisi dengan talkshow para peserta yang mana di dalam acara ini para peserta bisa menceritakan kekhawatiran-kekhawatiranya dalam acara mapaba, curhat masalah organisasi, sharing danl lain-lain.  Di malam hari kedua MaPaBa XIII ini di isi dengan Lesehan Pergerakan, lesehan pergerakan ini diisi dengan nyanyi bareng lagu-lagu pergerakan PMII yang mana acara ini sengaja di buat agar para peserta tahu dan hafal lagu-lagu pergerakan PMII.

Berikut beberapa screen shot pada acara MaPaBa XIII Di PP. Al-Karomah Ketan Ireng Prigen.

Materi-materi dan surat-surat MaPaBa XIII:

1. Arsip-arsip surat kepanitiaan

2. Berbagai Dimensi Tentang Gender

3. Nilai Dasar Pergerakan

4. Mahasiswa Dan Civil Society

5. Pengantar Administrasi Dan konstitusi

6. Paradigma Kritis Transformatif

7. Sejarah PMII

8. Universalitas Islam Antara Teori Dan Praktek

Comments on: "MaPaBa XIII" (3)

  1. Mantap gan… Semoga kuantitas di imbangi dengan kualitas…😀
    Jangan lupa kader baru di kawal terus😀

    • BUKAN hanya Gayus Tambunan yang hebat nian. Meski mendekam dalam tahanan, pegawai kecil di Direktorat Jenderal Pajak yang memiliki harta mencapai Rp100 miliar, itu bebas keluyuran hingga ke luar negeri. Lebih hebat lagi, untuk menuntaskan kasus hukum Gayus, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus mengeluarkan 12 instruksi yang salah satu butirnya terkait pembuktian terbalik. Akan tetapi, kepolisian langsung angkat tangan, tidak mampu memakai pembuktian terbalik.

      Masih ada orang hebat lainnya. Dia adalah Nurdin Halid yang pernah memimpin organisasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dari balik jeruji besi. Nurdin yang terpilih sebagai Ketua PSSI pada 2003 meringkuk dalam penjara karena kasus korupsi.

      *Kader baru di kawal, kader lama di ehem2i😀

  2. saiful as segaf said:

    SUkarno butuh pemuda indonesia hanya 10 untuk menggerakan INDONESIA,,,,,,,,PMII NGALAH butuh berapa untuk menggerakan kiprah PMII ke depan lebih punya building caracter n capacity building,,,,,,,,,,,,,,,,,,,3 sahabat…….cukup??????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: