Zona Aktualita dan Transformasi Idea Pergerakan


img3

Ini dia buku yang mengisahkan tentang bagaimana tangguhnya seseorang dalam menggapai impiannya. Seorang yang memulai usaha dari nol, Yaitu Matsushita Konosuke. Matsushita konosuke adalah tokoh besar dalam dunia elektrik dari jepang. Matsushita menjadi tokoh kebanggaan bangsa-bangsa di asia karena kehebatannya dalam membangun usaha mulai dari nol.
Pendidikan formalnya hanya sampai di sekolah dasar. Itupun tidak sempat diselesaikannya, hanya sampai kelas IV SD saja. Karena kemiskinan dan keterbatasan keluarganya. Namun, Matsushita tidak pernah berputus asa. Dia dengan lapang dada menerima situasi itu dan tidak bersikap iri hati kepada teman-temannya yang kaya. Meskipun mengalami banyak hambatan, ia terus belajar. Belajar baginya tidak hanya disekolah formal. Benar kata pepatah “ Kita belajar bukan untuk gelar atau ijazah. Melainkan untuk hidup.”
Berkat semangat belajarnya dia mampu menciptakan karya besar, dimulai dari fitting lampu, radio hingga kapal laut maupun pesawat terbang. Hal itu bisa dilakukan karena Matsushita terus belajar dan mampu membangun suatu tim kerja yang dapat bersinergi. Sinergi itu menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan masyarakat dan diterima oleh pasar. Hal itu dilandasi oleh pendekatan kemanusiaan yang luar biasa dari Matsushita. Para karyawan di perusahaan merasa bukan hanya sebagai “bawahan” yang hanya menanti perintah pimpinan, melainkan menjadi anggota tim bersama atasannya. Pemikiran, temuan, inisiatif, dan kerja keras karyawan menjadi tiang utama keberhasilan suatu usaha. Matsushita bukan hanya memberikan dorongan tetapi kesempatan karyawan untuk itu, sehingga karyawan dapat mengembangkan diri. Dan dengan itu, karyawan membesarkan perusahaan.
Di luar itu semua, sebenarnya ada hal lain yang lebih besar. Matsushita lebih merupakan seorang humanis besar. Dia tidak hanya memikirkan menciptakan barang, menuai keuntungan usaha untuk diri sendiri dan keluarganya tetapi untuk bangsanya. Bagaimana membangun masa depan generasi muda bangsanya, baik di negrinya sendiri maupun di negara-negara asia pada umumnya lebih cerah menjadi komitmennya. Dengan berkarya bersama, saling mendukung suatu bangsa akan mencapai kedamaian (peace), kebahagiaan (Happiness), dan kemakmuran (Prosperity).
Banyak hal yang dapat dipelajari dari kisah Matsushita ini. Membaca buku ini dapat menimba inspirasi bukan hanya dalam menjalankan usaha atau pekerjaan melainkan juga nilai-nilai hidup yang di yakini dan dijalankan dengan penuh konsekuen oleh Matsushita.


JUDUL BUKU : MATSUSHITA KONOSUKE
PENERBIT : PT GRASINDO
TEBAL HALAMAN : 228 HALAMAN
CETAKAN : JAKARTA 2003
RESENTATOR : WULIDATIN HASANAH

Comments on: "MATSUSHITA KONOSUKE, Pegawai Toko Sepeda Yang Menjadi Raja Elektrik Jepang" (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: