Zona Aktualita dan Transformasi Idea Pergerakan


Afisena –  Tahun demi tahun lanjut terus bergilir dan berubah, otak dan watak serta pikiran manusia kian terus berkembang, menggali potensi, memudahkan sesuatu hal yang sulit, menginstankan suatu pekerja’an. Itulah kenyata’an yang kian terus kita hadapi.

            Oleh sebab itu cepat atau lambat, benar atau tidak ini merupakan kenyataan yang harus kita terima. Bahwaa dunia akan berubah bagaikan sebuah bumi perkemahan global. Setiap kemah terbuat dari kaca-kaca bening yang dapat menerobos pengelihatan tanpa ada halangan dan para penghuninya pun tak mampu bersembunyi dari pandangan penghuni yang lain. Dengan teknologi dimanapun kita berada, dinegara manapun kita berada , kita dapat mengetahui informasi-informasi, seluk beluk atau kejadian – kejadian ditempat lain seakan – akan ada ditemapt sekeliling kita.

            Itulah kemajuan ilmu pengetahuan terutamanya teknologi dibidang informasi, yang telah mengiring umat manusia menjadi suatu kesatuan, diantaranya yang sudah tidak asing lagi bagi kita yakni ; TV, Head Phone dan Internet. Inilah yang menyajikan kepada kita kekuatan daya imajinasi da teknologi kom,unikasi yang memungkinkan tersebarnya informasi dalam kualitas yang hampir sempurna dalam waktu yang sangat cepat .

            Ini merupakan suatu kebutuhan kita yang tidak dapat kita pungkiri. Siklus kehidupan semakin cepat dan membuat kita seakan-akan tidak berdaya kecuali harus memiliki, menerima dan mengikuti arus informasi sesuai dengan perkembangan zaman. Dan kita akan terus menerus di bombardir oleh p[ercepatan informasi. Peranan ilmu pengetahuan teknologi informasi atau media elektronik utamanya internet ini telah membuat dunia semakin menjadi sangat sempit seakan – akan tanpa batas, serta mampu membentuk opini dunia . karna dengan kemampuannya dapat menginformasikan berbagai peristiwa dunia secara terus menerus selam 24 jam. Mulai dari pengesuha, pembisnis, pegawai sampai pada pelajar pun sangat membutuhkannya.

            Dengan internet akan mempermudah akses informasi bagi par apembisnis. Pengusaha akan lebih mudah berinteraksi antara produsen dan konsumen. Pelajar juga akan lebi mudah mengakses ilmu-ilmu pengetahuan di dumia pendidikan sejagat raya. Pemerintah dapat berkominikasi dan mencari jaringan – jaringan setiap saat untuk menjalin hubungan antar negara di belahan dunia.  Bahkan masyarakat pun akan lebih mudah menyampaikan keritikannya atas inspirasinya terhadap pemerintahan.

            Internet sa’at ini bukanlah barang mewah lagi, atau barang antik. Internet sa’at ini sudah menjadi menu budaya manusia sehari-hari. Bila kita dapat mengejar dan mampu menguasainya, bahkan buta dan tak mampu menangkap ara zaman, niscaya kita akan menjadi sassaran Gombalisasi mereka yang menguasai teknologi, dan kita akan dianggap mereka dengan sebutan ”Gaptek”.

            Disanping memberi manfa’at yang kuar biasa pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi , globalisasi informasi juga menimbulakn berbagai ketidak pastian, ketidak setabilan dan berbagai macam penyakit masyarakat yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya, kekuatan dan pengaruh internet telah merasuk jiwa dan raga kita, merasuk pada budaya – budaya kita, watak dan pikiran kita.

     Mereka menyalah gunakan fungsi teknologi yang berkembang sa’at ini. Dengan internet seorang dapat melakukan apa saja, kejahatan dalam bedog teknologi makin merajalela, budaya – budaya asing yang tidak normatif mudah kita dapat, sehingga sangat mudah untuk mempengaruhi budaya – budaya lokal. Dan akhirnya akan mengeliminasi budaya lokal dan lebih mengunggulkan budaya – budaya baru yang tidak normatif. Dengan adanya internet sa’at ini generasi bangsa kita khususnya pemuda mengalami degradasi moral.

Mengapa saya katakan begitu, karena para pemudah/ peajar pengguna jaringan teknologi informasi (Internet) tida mengakses suatu hal yang sewajarnya. Mereka telah memanfa’atkan dengan menyalahgunakan kecangihan teknologi dengan mengakses galery – galery yang bernuansa porno, yang semuanya itu tidaklah wajar bagi para pengguna khususnya para muda untuk memanfa’atkan dengan menyaksikan tayangan-tayangan budaya asing yang tidak normatif.  Dan itu telah merusak generasi kita, kalau boleh dikatakan hampir 50 % setiap pengguna kecangihan teknologi meanfatkannya dengan mengakses suatau yang tidak sewajarnya.

            Degredasi moral yang ancap kali akan mengiringi langkah pada era globalisasi. Virus – virus inilah yang menyelinap pada pikiran dan otak setiap orang sa’at ini. Sehingga tidaklah heran bila sekarang banyak sekali terjadi kejahatan kejahatan seksualitas yang meningkat pesat, portitusi merajalela, dua sejoli saling bermesuman di hotel – hotel, dan itu menjadi suatu kebanggaan.

Comments on: "DEGRADASI MORAL ATAS PENGARUH KECANGGIHAN TEKNOLOGI" (7)

  1. benar sekali gara-gara kecanggihan teknologi anak-anak remaja pada lupa hari esok kelak (Padang Masyar)

  2. wah..betul bgt tuch..
    I agree with Ur opinoin
    technologi shrusny dimanfaatkan untuk kepentingan pnddikan,tpi mlah para remaja menyalahgunakannya untuk hal yang negatif seperti mmbuka website porno,chatting yang gak penting mpe lupa waktu..
    puzink jga lw udh kyak gini, susah brow…
    remaja mlkukkannya tnpa memikirkan dmpak negatif yg akan terjdi.
    sy hrap pra remaja indonesia bs jd lbih baik, bs mengukir prestasi yng tnggi jgn mpe qt ketinggalan maju dg negara lain..
    Whai para remaja, cintailh indonesia bntulah agar indonesia bs mnjdi negara yang maju, hebat…
    ingtlh smw itu tergntung pd qt pra remaja indonesia..

  3. OYI

    SEMANGAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA
    AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAATSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS

    BISMILLAH………INSYAALLAH AMIN;>

  4. SEMANGAT BIKIN PERUBAHAN LEBIH BAEK MAKSUDE…HEHE
    SEMOGA AJA OPINI SAMPYAN DAPAT MEMBUAT PERUBAHAN DAN MENYULUT API SEKLIGUS NYIRAM AIR SEGER BIAR PADA BANGUN DARI BANGKONGNYA….;>
    BANGUN-BANGUN-BANGUN
    SADAR-SADAR-SADAR
    …………….HEHEHE ;>

  5. yup bener banget tuh mas
    tapi kita juga sebaiknya gak hanya berkoar-koar meneyemaraakkkan degradasi moral keseluruh orang
    tapi kita juga mesti menilik dari diri kita sendiri dan juga dari lingkungan sekitar juga.
    karena semua itu juga gak pernah terlepas dari ke care_an kita juga sesama manusia.tentu saja andil kita itu sangat perlu
    dan kita mesti pikirkan sebenarnya perubahan yang bagaimana sih yang pantas untuk negara kita tercinta ini????

  6. thxz artikeLnya..
    bermanfaat bwt sosiologi qeu kak..

  7. klik link bisnis property untuk menggapai kesuksesan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: