Zona Aktualita dan Transformasi Idea Pergerakan


DSCN0184

Ngomong PMII? Pasti deketnya dengan masalah kajian, pengembangan wacana intelektual, dilihat dari motonya aja “Dzikir, Fikir, Amal Sholeh”. Tetapi dengan hanya berpotensi dibidang kajian ataupun wacana, hal ini juga rasanya kurang sempurna bagi sang kader “Agen Of Change” kalau dibidang talentanya tidak dikembangkan juga.

Paduan suara pergerakan misalkan, adalah salah satu wadah untuk mengembangkan talenta dari kader-kader pmii di Komisariat Ngalah, PSP ini berada dibawah bidang eksternal, yaitu bidang pengembangan bakat minat. Dalam sejarahnya, PSP berdiri sejak tahun 2004, pencetus utamanya sahabat Khoirul Anwar selaku ketua komisariat saat itu, ide ini muncul saat beliau menghadiri acara PMII di salah satu tempat di Surabaya. Dalam acara itu kebetulan di hadiri oleh paduan suara pergerakan dari salah satu komisariat dari Surabaya yang konon PSP ini sebagai satu-satunya PSP di Indonesia.

Terinspirasi dari situ sahabat Irul berencana untuk mendirikan PSP di komisariat Ngalah dan sahabati Evi Lailatul Rohmah sebagai koordinatornya yang kemudian PSP komisariat Ngalah ini sebagai satu-satunya PSP di Kabupaten Pasuruan.

Awal karir PSP hanya bermodal satu lagu kebangsaan dan satu lagu pergerakan, lambat laun PSP berkembang dengan menggarap lagu-lagu kebudayaan dan pergerakan yang lain. Dalam perjalannya PSP juga menghadiri beberapa acara PMII ditingkat kabupaten Pasuruan dan mendapat kehormatan tampil pada acara MUSPIMNAS pada tanggal 13 Desember 2006.

Kini saat jabatan di Komisariat Ngalah yang dipegang oleh sahabat Hafidz, sahabati Chullatul Lutfi sebagai koordinator PSP. Kesemuanya tidak lepas dari tujuan untuk mengembangkan skill kader agar tidak monoton pada kajian, melainkan juga pada sisi bagaimana mengasah kader PMII Ngalah dalam mengekspresikan kesenian, Bukankah Seni Itu Indah. . . . .!!

Comments on: "PSP (Paduan Suara Pergerakan ) PMII Komisariat Ngalah" (3)

  1. saya amat berbesar hati dan bangga pmii ngalah bisa mengadakan acara seperti.
    tolong ilmu pengadaan acara atau cara mengadakan acara itu ditilarkan pada adik-adik penerus pmii. key!!!!!!!!!!!

  2. rahamtul arpan said:

    mengembangkan minat dan bakat kader adalah sebuah cita-cita mulia dalam pengkaderan pmii. ada baiknya kalau sahabat mentransfer strategi dalam melakukan gerakan yang demikian. mohon masukannya…..
    arpan
    ketua komisariat pmii iain raden fatah palembang
    http://www.rahmatularpan@yahoo.co.id

  3. Wau… luar biasa. memang begitulah seharusnya pmii, bukan hannya persoalan kajian dan kontrol pemerintah yang dibahas, tetapi juga mengembangkan kemampuan yang ada pada masing-masing individu. pmii kutim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: