Zona Aktualita dan Transformasi Idea Pergerakan

THREE SUKSES PMII


Syafi’udin Tohir – PMII sebagai second line university mengemban tugas sebagai katalisator sekaligus dinamisator mahasiswa menuju eksistensi hidup sebagai makhluk yang paling mulia. Manusia hidup di dunia mempunyai 2 tugas utama yaitu sebagai Abdullah dan Kholifah Fil Ardl. Sebagai Abdullah (hamba Allah SWT) maka manusia harus selalu mengingat (baca; dzikir) kepada Allah dalam setiap nafas dan geraknya, hal ini menjadi pengukur tingkat ketauhidan seseorang. sebagai kholifah fil ardl ini merupakan tugas hidup yang bersifat horizontal artinya tugas tersebut mempunyai 2 dimensi makna pertama terhadap sesama manusia (social). Hidup manusia harus menjadi pengayom dan penyejuk manusia lainya atau biasa kita sebut sikap rahmatan li al-alamin.

Yang kedua sebagai penjaga bumi world control maka segala asset kekayaan alam adalah digunakan sepenuhnya demi kemakmuran manusia hal ini mengharuskan manusia untuk memanfaatkan secara maksimal atas akal yang telah diberikan Allah kepada manusia sebagai pembeda atas segala ciptaan Allah yang ada. Kemampuan dalam dinamisasi worklife inilah manusia akan menjadi makhluk yang paling sempurna.

Dalam mewujudkan hal tersebut PMII telah berevolusi selama empat dekade melengkapi perangkat organisasi demi menciptakan organisasi yang dinamis sebagai sarana mencari kesempurnaan hidup manusia. Sebagai organisasi mahasiswa PMII berusaha mewujudkan kader-kader yang kritis sekaligus transformatif atas ilmu pengetahuannya. PMII mempunyai komitmen kesuksesan yang terdiri dari : pertama SUKSES SPIRITUAL. Spiritual ini mempunyai dimensi terhadap aspek moralitas religius artinya kader PMII dalam setiap gerak dan langkahnya senantiasa didasarkan atas nilai-nilai ketuhanan yang mencerminkan tingkat ketauhidan dalam mengagungkan Tuhannya sekaligus di imbangi dengan moralitas yang tinggi. Nilai religius PMII bersumber dari ideologi aswaja dengan memegang teguh prinsip-prinsinya yaitu Tawassuth, Tasamuh, Tawazun dan Al-Adl. sehingga kader PMII menjadi uswah hasanah yang tentu saja akan berimplikasi pada pergaulan dalam internal PMII maupun masyarakat luas .

Kedua SUKSES AKADEMIK. Minimnya aktifis yang mendalami ilmu fakultatif dari pada menekuni organisasi membuat PMII merubah haluan mainstream. Kader PMII harus dapat mewarnai dan mencerminkan tingkat intelektualitas yang tinggi di kampus, menguasai ilmu fakultatif sebagai basic kader.sehingga kader PMII bukan hanya aktif dengan gerakan yang berhaluan PMII tetapi juga mempunyai kemampuan khusus perspektif jurusannya masing-masing. Laisa min al-PMII apabila ada kader yang aktif dalam organisasi tetapi melupakan basic kampusnya karena bagi PMII kemampuan dalam menguasai kompetensi akademik adalah keniscayaan.

Ketiga, SUKSES KOMUNIKASI SOCIAL. Sebagai kader yang memang diciptakan dalam medan global maka kader PMII harus mampu berinteraksi sosial sebagai bentuk implementasi ilmu pengetahuannya yang tentu saja bertujuan menciptakan keadilan dan kemakmuran masyarakat yang diakibatkan oleh kebijakan pemerintah karena politik maupun oleh sruktur-struktur yang menindas masyarakat. Interaksi sosial adalah faktor terpenting tidak akan ada gunanya apabila seorang mahasiswa mempunyai kemampuan yang luar biasa tetapi tidak dapat berbaur dan membantu menyelesaikan persoalan masyarakat sebagaimana tujuan awal dididirikannya PMII adalah ilmu untuk bangsa bukan ilmu untuk ilmu. Karena PMII yakin siapakah yang mempunyai kemampuan memahami fungsi hidup selain kelompok Ulul Albab (yang mempunyai ilmu)?

Comments on: "THREE SUKSES PMII" (4)

  1. semua rumus sukses sudah dijadikan wacana semenjak tahun 90-an,ya….tapi ada satu faktor yang membuat rumus-rumus itu menjadi tak berhasil,”Malas”.HIDUP RAYON SASTRA!!!!!!!!!!!!!

  2. wahai sahabatkoe!!!
    jangan lah engkau merasa mati muda
    sehingga berlari dalam pertempuran ini
    selamat berproses sahabat
    wujudkan mimpi2mu dan juga mimpi kita semua……

  3. bismillahirrohmanirrohim
    lidah dan mulut adalah pedang!!!!
    bicara saja tanpa tindakan tiada maknanya…….
    so……
    buktikan katamu dalam tindakanmu!!!

    cayo rastra
    kepalkan tangan untuk menjadi petarung.
    wallahumuwafiq illaaqwamitoriq

  4. q s7 pa yg di katakan olehsahabat ulum tree sukses itu ada dan diwacanakahsejak lama, namun bagaimana kita harus memulai ari diri kita… bicara itu mudah tapi bagaimana melakukannya itu yang utama… yaaaaaa qta cba dari yang paling sederhana ja dalam sehari-hari… misal masalah waktu….bagai mana kita bisa merubah budaya yang ada di masyarakat qt terutama pmii yang selalu menyepelekan waktu… sering molooooooor smpek terbengkalai / rusak smua scedul yang di rencanakn dan diprogram… akhirnya kita menghilangkan kesempatan…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: