Zona Aktualita dan Transformasi Idea Pergerakan


FPI

Muhammad Syafiuddin Thohier-Geliat gerakan islam radikal baru – baru ini khususnya pada dekade terakhir, kembali mencuat dipermukaan masyarakat kita. Munculnya organisasi islam baru dengan ditandai aktifitas gerakannya yang massif dan atau destruktif menunjukkan peningkatan gerakan organisasi tersebut. Eksistensi gerakan tersebut seharusnya kita kaji lebih jauh dalam rangka mempertajam wacana kita tentang khazanah keislaman dan kenegaraan, karena apabila kita tidak menyikapi gerakan ini meskipun minoritas dan cenderung apriori maka dapat menimbulkan dampak yang luar biasa terhadap kohesifitas social dalam berbangsa dan bernegara. Fluktuasi gerakan islam radikal ini tidak dapat dilepaskan begitu saja dengan kondisi social keagamaan dan politik timur tengah karena muara dari gerakan ini memang tersentral dari negeri gurun sahara.

Islam radikal merupakan konstruk social yang dinisbatkan pada organisasi yang berhaluan puritan dan memiliki karakter keagamaan yang lebih militant, radikal, skriptualis, konservatif dan ekslusif (imadun rahmat,2002). Dalam mewujudkan cita-cita gerakannya organisasi ini mempunyai model dan metode yang berbeda-beda tetapi mempunyai satu kesamaan visi. Pada dasarnya gerakan ini menginginkan Negara islam (daulah islamiah) dan penerapan syariat islam dalam sosial kemasyarakatan maupun didalam sebuah Negara.
Islam radikal adalah istilah barat yang di gunakan bagi organisasi islam militant dan puritan dan sekarang ini berkonotasi terorisme khususnya pasca penyerangan gedung WTC. Sedangkan Abid al-Jabiri menyebut gerakan ini sebagai ekstrimisme islam. Untuk menggambarkan islam ekstrim yang biasanya mengarahkan permusuhan dan perlawanan terhadap islam moderat. Al-Asmawi menyebut gerakan ini dengan ekstrimisme islam yang merebut kekuasaan dengan menggunakan issu – issu agama. Dengan deskripsi itulah maka dapat kita kategorikan organisasi-organisasi islam di Indonesia yang tergolong ekstrim dan radikal dalam tataran gerakan maupun doktrin teologi keagamaannya diantaranya HTI, MMI, JAULAH, FPI, dan sebagainya. Dalam memotret gerakan islam radikal ini penulis hanya menekankan geliatnya pada level daerah khususnya kabupaten Pasuruan.

Ulasan Singkat
Hizbut-Tahrir Indonesia

Hizbut Tahrir Indonesia (disingkat HTI) merupakan organisasi islam internasional yang didirikan oleh Taqiyuddin al – Nabhani di al-quds palestina pada tahun 1952. agenda utama HTI adalah membangun sistem khilafah islamiyah dan menegakkan syari’at islam. Gerakan yang dilakukan meliputi aspek pendidikan dan pembinaan umat dengan saqofah ( wawasan) islam, melancarkan perang pemikiran (syira’u al-fikr) dan aktifitas politik (kifah Al-siyasi). Metode dakwah yang digunakan oleh HTI dalam mewujudkan cita-cita organisasinya adalah pertama, tahap pengkaderan yang diilakukan dengan membawa pengikutnya dalam halaqoh berdasarkan tsaqofah al-Hizm yang terarah dan intensif. Kedua, tafa’ul (interaksi dengan masyarakat) yang bertujuan mendorong masyarakat untuk mengemban dakwah islam dengan membentuk kesadaran serta opini public pada ide-ide dan hukum yang ditetapkan oleh HTI. Ketiga, tahap merebut kekuasaan (Istilam Al-Hukmi) akan tetapi HTI membatasi aktiitas dakwahnya dalam politik tanpa menempuh jalur kekerasan.

Di pasuruan geliat HTI mulai merambah dibeberapa kampus dengan memakai jalur keagamaan selain aktifitasnya melalui media yang aktif mensosialisasikan gagasan keagamaan berdasarkan versi mereka. Di kampus HTI berperan dalam kegiatan keagamaan melalui musholla/masjid yang secara intens membina mahasiswa-mahasiswa yang sudah terdoktrin olehnya. Organisasi ini memang menekankan penguasaan pada fasilitas-fasilitas keagamaan ataupun lembaga pendidikan. Melaui media bulletin HTI terbit intensif seperti yang terlihat di daerah Pandaan, dan beberapa daerah lain.

Jaulah (Jamaah Tabligh)
Pendiri gerakan “Al-jamaah At-Tablighiyah” adalah Muhammad Ilyas bin Al-maulawi Ismail. Organisasi ini berpendapat bahwa kejayaan islam akan didapatkan apabila ajaran islam sudah dipakai sebagai pengganti ajaran/system yang batil secara total. Organisasi ini memang tidak banyak dikenal oleh publik karena memang berhaluan tasawuf seperti sejarah pendirinya dengan amalan-amalan dzikir-dzikir dan ritual islam yang lain yang mereka pakai secara fundamental. Organisasi ini di Pasuruan bisa kita lihat aktifitasnya di daerah Sukorejo dan menyebarkan ajarannya di pelosok-pelosok desa.

Front Pembela Islam
FPI (Front Pembela Islam) dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1998 tepatnya pesantren Al-Um Kampung Utan, Ciputat. Habib Muhsin Ahmad Al-Attas sebagai ketua dewan Syuro DPP (Dewan Pimpinan pusat) dan Habib Muhammad Rizieq bin husein Syihab sebagai ketua Dewan Tanfidz . Organisasi ini menekankan pada ajaran-ajaran penegakan amar ma’ruf nahi munkar disegala aspek kehidupan.

***

Soliditas gerakan organisasi islam radikal ini dalam memperjuangkan cita-citanya meskipun masing-masing tidak mempunyai ikatan structural, dapat kita baca pada peristiwa rencana penutupan sebuah gereja di Pandaan Pasuruan. Gereja tersebut menurut mereka unprosedural bahkan tidakFPI1 mendapat ijin dari pemerintah daerah. Organisasi islam radikal di Pasuruan pada saat itu melakukan konsolidasi intensif untuk menyatukan persepsi sekaligus mempengaruhi opini public untuk mendukung sikap mereka. Dengan konsolidasi intensif itulah mereka membentuk aliansi gerakan islam ekstrim dengan nama Forum Umat Islam (FUI) yang akhirnya melakukan gerakan ekstra parlementer. Terbentuknya aliansi gerakan ini menjadi wujud gerakan mereka sekaligus indikasi peningkatan gerakan islam radikal di Pasuruan walaupun target penutupan gereja tersebut tidak berhasil karena keputusan pemerintah.

Melihat realitas gerakan itulah maka kita sebagai warga negara Indonesia yang majemuk khususnya masyarakat Pasuruan mulai mengantisipasi gerakan mereka yang ingin menjadikan bangsa menjadi monolitik. Proteksi gerakan yang harus kita lakukan adalah memperkuat ideology islam berhaluan ahlussunnah wal jamaah yang inklusif dan moderat. PMII sebagai organisasi mahasiswa harus menjadi garda terdepan dalam membendung gerakan mereka melalui pendidikan dan meningkatkan peranannya dalam organisasi keagamaan di lembaga pendidikan dan kampus. Semua itu kita lakukan dalam rangka menjaga consensus bersama bangsa indonesia yaitu Pancasila.

About these ads

Comments on: "Mem-POTRET GERAKAN ISLAM RADIKAL" (27)

  1. Hey

    I was surfing the web and i saw this site, pretty cool.
    Currently im running and adult site:Wellness
    k, just want to say hi :)
    Can i link you from my site? im looking for quality content like yours. If no let me know if i can add u in exchange for a montly fee or something.

  2. IDEOLOGI PANCASILA

    Merupakan ideologi yang paling tepat untuk mengayomi seluruh elemen dan bangsa indonesia yang terkenal dengan kemajemukan suku adat budaya dan agama.

    Butir Pancasila

    1. Ketuhanan yang maha esa
    2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
    3. Persatuan Indonesia
    4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
    5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

    Bangga Ber Pancasila

    * Pancasila merupakan sebuah ideologi yang unik, sebuah ideologi yang mampu mengakomodir kemajemukan bangsa indonesia.
    * Pancasila lahir dari perjuangan para pahlwan bangsa Indonesia, yang rela berkorban demi bangsa Indonesia bukan kemerdekaan bangsa lain
    * Pancasila merupakan ideologi ASLI dari Indonesia bukan berasal dari negara barat atau timur tengah
    * Pancasila memiliki toleransi tinggi bagi bangsa Indonesia yang memiliki kemajemukan adat budaya dan agama
    * Pancasila merupakan dasar negara sehingga TIDAK ADA ideologi lain yang dapat menggantikanya

    • Kalian harus tau, pancasila bukan ideologi, namanya ideologi adalah poros pemikiran.. yang diatasnya dibangun pemikiran/ sistem, tapi apa dengan negara yang katanya ideologinya pancasila? sistem ekonominya pakai sistem kapitalis yang lahir dari ideologi liberalisme, hukum pidananya pake hukum belanda yang notabene dulu menjajah kita.
      Di dunia hanya ada 3 ideologi yaitu ideologi Liberalisme, ideologi Sosialisme, dan Ideologi Islam. Ideologi islam inilah yang paling benar. Allohuakbar

  3. topik yg lucu,

    kok sepi ya gak ada yg komen lg???

  4. ada kok
    ini –>
    aku adalah orang yang setia berkomentar

  5. mua Indonesia aman tanpa Radikalisme ?… jawabnya : Larang ALQURMAN ! karena salah satu kitab suci yang melegalkan kekerasan dan radikalisme ya itu. !

  6. ERNI NURDIANTI said:

    aku juga orang yang ingin tetap memperjuangkan pancasila, bahkan rencananya skripsiku nanti tentang ideologi pancasila dan transnasional. kalau kamu ada rferensi, boleh donk bagi-bagi ilmu

  7. Mohamad Arif said:

    ” ………..Barang siapa yang tdak memutuskan suatu perkara sesuai dengan apa yang Allah turunkan ( Al Qur’an ) maka mereka itu termasuk orang-orang kafir ” ( QS Al Maaidaah : 44 )

    pntas lah kalau mereka semua yang mendukung Pancasila dan Isme-isme seperti sekulerisme, liberalisme, permisifisme, hedonisme, pluralisme dan isme-isme batil lain adalah ( juga ) termasuk pada bagian orang-orang kafir..karena menentang dan menolak Syaria’t sistem hukum Allah Ta’ala dalam urusan perkaranya di dunia.

    sekarang tinggal anda sendiri yang memilih mau termasuk yang mana…

    Allahu Akbar.

    • klo baru belajar islam jgn berani-beraninya mengkafirkan orang lain dong orang klo merasa paling benar salah satu ciri orang sombong……….

    • heeeee…..mank di dunia ini cuman islam yang ada, yang terbesar islam ? lihat sensus dunia, atheis lebih besar dari islam dengan kristen…jangan sok jadi paling benar lah…

  8. kalau artian radikal adalah menegakan syariat sebenar-benarnya dan seluas-luasnya dengan landasan Al-Quran dan As-Sunah sohih maka ya ISLAM ADALAH RADIKAL. Saya siap menegakkannya.

    Kalau kekerasan dalam artian jihad fii sabilillah dengan harta dan jiwa untuk menyebarkan islam. Ya benar islam keras, karena manusia harus terselamatkan aqidahnya, jika tidak bisa dengan cara lembut maka syariat perang menjadi jalan utamanya. (Semua agama dan ideologi membenarkan cara ini tidak terkecuali pancasila laknatullah)

    Semoga ISLAM JAYA ………………ALLOHU AKBAR

  9. jangan terburu-buru men justifikasi orang sebagai orang kafir. Allah maha mengetahui, yang dilihat oleh NYA adalah keimanan dan ketaqwaannya. saya sangat tidak suka jika ada orang yang selalu mengatakan orang lain kafir ketika tidak sepaham dengan dirinya.

  10. Saya ingin bertanya, kenapa PMII sewaktu ada kebrutalan yg dilakukan ABG [anak buah gus dur] saat akan dilakukan Impeach ole MPR-RI tdk sama mengecam bahkan cendrung diam [kalau tdk mau disebut membenarkan].
    jangan berfikir picik. kalau mau mengecam kekerasan ya harus adil. Saya juga tdk setuju dengan mereka yg melakukan kekearasan atas`nama agama seperti yg dilakukan saudara2 saya seiman tapi saya memahami karena ada kebuntuan hukum kita jika menyangkut segala penyakit sosial yg ada sekarang ditengah masyarakat terutama di kota metropolitan.
    bukan rahasia lagi jika ada [oknum] aparat keamanan cendrung lebih dekat [membekingi?]pada pengusaha2 yg bergerak dibisnis haram tersebut.
    setuju negara ini bukan negara agama, tapi bukankah menjunjung moralitas adalah tujuan kita bersama sebagai bangsa?. sebaiknya aparat mulai tegas dengan penyimpangan2 yg ada dalam masyarakat kita sebelum generasi indonesia menjadi generasi “amburadul” baik dari segi moralitas maupun iptek.
    anda-anda kan intelektual, kenapa dalam membahas sebuah masalah hanya dilakukan secara parsial. dengan metode apa anda untuk membuat sebuah artikel? jangan hanya berangkat dari sebuah rasa benci. bukankah anda juga memposisikan sebagai “kelompok eksklusif” dengan mengusung2 Islam ASWAJA untuk membenarkan pendapat anda dan agar dicap lebih toleran?. Apa yg sudah anda buat untuk memperbaiki moralitas bangsa ini? Nothing!
    saya yakin, ketika anda lulus kuliah yg terfikir hanya bagaimana bisa duduk nyaman di semua lembaga negri ini dan berteriak2 akan menyelamatkan rakyat dari kondisi susah. saya juga orang pergerakan dan saya tahu pasti siapa anda semua.
    untuk Ayodya,
    andai diadakan poling dinegri ini untuk memilih ajaran AL-QURAN atau ajakan anda, saya yakin 89% akan memilih AL-QURAN tetap dipedomani oleh sebagian besar negri ini. sebaiknya anda diam karena saya sangat yakin anda orang yg ga punya ilmu [sampai2 berfikir aza cuma pake dengkul].

  11. Kristen Liberal said:

    PKS kan masuk Islam radikal juga?
    Kok nggak masuk?
    Dia kan perwakilannya Ikhwanul Muslimin yang di Mesir itu?

  12. ALLAHU AKBAR

    ALLAHU AKBAR

    ALLAHU AKBAR

    ALLAHU AKBAR

    ALLAHU AKBAR

    • dari pada kamu cuman bilang “ALLAHU AKBAR” dan berkelakuan radikal, lebih baek perhatikan sekeliling dan keluarga mu, bukannya menghunus pedang dan ledakin bom dimana mana ?

  13. banyak diantar ummat muslim sendiri yang sebenarnya jauh lebih kafir perbuatannya dibanding kafir yang mereka tuduhkan…..insyaflah wahai saudaraku….!!!

  14. Radikal, kalau mengikuti semua sejarah perkembangan islam bisa kita tarik suatu kesimpulan bahwa islam adalah agama yang keras (extrim)
    dibagi dlm 3 masa :
    1. awal berkembang menyatakan hanya sedikit perbedaan dgn kristen ( cerita film ) agar diterima berdampingan.
    2 Setelah berkembang di arab dan di seluruh wilayah dunia sampai sekarang menghalalkan segala cara frontal(perang)memberontak tdak mampu secara kekuatan jadi teroris (bom bunuh diri), merampok (merampas), agar bisa mempengaruhi agama lain (pura -pura lembut )
    3.masa sekarang berubah sangat lembut karena dengan cara 1 & 2 sudah tdk berhasil.
    Jadi wajah islam sekarang bertolak belakang dengan islam pada hakekatnya ( berang, g’mas, radikal, tdk toleran)baca buku sirah nabawiah

    • seperti orang tua kita yang kadang bersikap keras pada kita demi menunjukan kasih dan sayang mereka,, sebagian besar yang kita lihat tidak sebagaimana mereka tampaknya.

      bagi anda-anda yang memiliki kesan bahwa Islam itu membolehkan kekerasan, terorisme, berang, radikal (mengupayakan bentuk2 kekerasan dalam menyebarkan ajarannya), dll. hal ini bisa dimaklumi sebagaimana anak kecil ngotot dengan pendiriannya yang meyakini bintang-gemintang di langit itu kecil, wajar.

      Sejarah mengungkapkan bahwa pembawa ajaran Islam itu ketika telah berhasil menguasai mekkah, bersedia mengampuni para musuh yang menentangnya tanpa diancam tentang keyakinan yang harus dianutnya,, tidak akan pernah ada sejarah yang paling agung selain sejarah yang digoreskan oleh Utusan Tuhannya orang Islam itu.

      membebaskan manusia dari kebodohannya menyembah benda, mempersatukan manusia dengan keyakinan yang sama dan menghapus diskriminasi kelompok, keturunan, ras, kekayaan, status sosial. manusia dinilai dari kemanfaatannya terhadap manusia yang lain, itulah sebaik-baiknya manusia.

      menghapus pembunuhan terhadap bayi perempuan, membedakan hak anak keturunan dan anak angkat, memberikan hak waris pada permpuan, dan lain-lain.

      baca: sejarah hidup Muhammad (m.husein Haekal), atau Bukunya Annemary Schimmel, lalu bandingkan dengan tulisannya Washington Irving atau Montgomery watt,, dsb.

  15. nafsu dan kesenangan itu seperti anak kecil,untuk itu perlu Penegasan dalam mendidiknya,kalo tidak bisa dengan nasehat dengan rotan, seperti itulah istilahnya…………nah mungkin sebagian masyarakat kini sudah terlalu biasa dengan hal itu,maka perlu ada penegasan…………

  16. sip jaya terus pmii. harusnya semua bisa ngaca dulu sebelum ngomong. mereka bilang org lain sprti anjing tp kelakukan mreka lebih menjinjijkan dari pada anjing. tujuan akhir islam radikal adalah semua negara di dunia menjadi negara islam semua. lebih ekstrim lagi, semua orang bisa jadi islam. apakah itu menjamin jika semua orang menjadi islam tidak akan ada lagi pertengkaran, zinah, peperangan, dll? yg realistis dong

    • mereka ga mungkin bisa meng islam kan dunia…wong negara islam yang maju sekarang kunci kesuksesan mereka pemerintahannya harus bersahabat dengan dunia barat contohnya : qatar, kuwait, arab kita lihat negara arab yang anti barat semuanya habis karna berperang iraq, afganistan, libya….ini menjadi tolak ukur di dunia ini kita butuh jalin kerjasama di semua ras dan komponen….

  17. Tugas berat u/ PMII. Menurut gue gak akan pernah ada kedamaian yang diawali dgn kekerasan. Negara kita tidak dlm kondisi perang, jika jalan kekerasan yg mereka tempuh sebenarnya mereka sedang menghancurkan diri sendiri. Mereka tidak lebih kelompok liar yg belum tentu mengenal agamanya dgn baik tapi sudah termakan indoktrinasi paham yg menyesatkan dgn berdalih agama. Contoh : untuk gabung dgn NII harus setor dana 3 juta, boleh dari merampok, melacur dsb. Itu ajaran apa ???? Mereka setan yg berkedok Islam. Jangan bangga jadi pengikut aliran radikal, mereka gak akan jadi apa-apa selain jadi sampah neraka. Jadilah Islam yang menyejukkan, mengayomi semua pihak. Memangnya mereka bisa membunuh semua orang yang gak sepaham ??? Cacing aja menggeliat kalo diinjak apalagi orang. Hidup Islam Indonesia.

  18. Kata Radikal yang dihembuskan oleh negara kafir barat, hanya untuk menyudutkan kaum muslim yang ingin menerapkan syariat islam. Karena mereka takut, jika kaum muslim sudah mengemban ideologi yang memang seharusnya diemban oleh kaum muslim (ideologi islam), dan kaum muslim bersatu pastilah mereka takut setengah mati, dan meereka langsung terbirit birit lari dari negeri – negeri islam yang biasa mereka jajah. Wahai kaum muslim, kita harus bersatu, kita jangan terpecah belah,kita jangan menjadi pembebek kaum kafir, kita harus punya pemimpin islam yang satu yang menaungi seluruh kaum muslimin seluruh dunia, agar kita tidak di injak – injak orang kafir.
    Kita harus tau, orang kafir tidak akan berhenti sebelum kita mengikuti milah mereka. Umat islam harus bersatu menegakkah Daulah Khilafah, agar syariat islam diterapkan dalam kehidupan. INGAT!!!!! KITA UMAT ISLAM PUNYA AL QUR’AN ATURAN LANGSUNG DARI ALLOH SWT, AL MUDABBIR, SANG PENGATUR kenapa kita pake aturan yang dibuat manuasia.? Jelas – jelas manusia adalah makhluk yang lemah,?

    • BESATUUUU ???? ga usah pusing bung mikirin umat islam bersatu….dunia islam identik dengan perang saudara karena ke egoisan, lihat lah libya, irak, afganistan, iran….cobalah kalian dengungkan persatuan di tanah mereka sana, ga usah pusingin yang di indonesia, disini udah pada bersatu melalui lembaga NU, Muhamadiyah, nah kalau km bersatu dengan siapa ? sampai km sendiri mengajak bersatu….

  19. orang indonesia pda pintar2 debat…pa lg yg suka ngumbar asma2 Allah, salut buat kalian, renungkan dulu makna Allahu Akbar sebelum d buat debat,,( roysteven30 )islam itu integral, qt sperti anggta badan, slah astu sakit, smua merasakan n klo g ikutan nyensus gsah blang atheis paling banyak…buat ayodya jangan hina kitab suci ya, qt ada bukan karena kebetulan tapi ada yg menciptkan………..yg jels aq jg g mnyukai segala tindak kkerasan, untuk yg mersa islam sebaiknya qt sama2 renungkan “kisah nabi Muhammad SAW” beiar isra’-mi’raj….klo nabi tdk mmbangun islam dngan kasih syg, insyaAllah qt semua gkan jd org yg bahgia,,sholat yg tdinya 100 rkaat-5rkaat, n yg prlu kita teladani ROSUL SAW menjaminkan diriNYA agar umatnya masuk surga SEMUANYA !! dan mempersilahkan qt masuk duluan,,,lalu inikah umat MUHAMMAD yg d bela habis2n d hadapan ALLAH SWT,,,sling membenarkan ideologinya masing2 ? ISTIGHFAR yok sama2

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: