Zona Aktualita dan Transformasi Idea Pergerakan


 

Ada sebagian golongan masyarakat Indonesia yang terus berusaha merongrong dan menolak Pancasila sebagai dasar negara, karena tidak sesuai dengan ajaran Islam. Mereka menginginkan negara ini berdasarkan agama, bahkan memberlakukan hukum berdasarkan syari’at Islam menggantikan dasar negara Indonesia “Pancasila”.

Benarkah Pancasila sebagai dasar negara Indonesia itu bertentangan dengan ajaran Islam?

Marilah kita pelajari beberapa sila dari Pancasila berikut ini :

1. KETUHANAN YANG MAHA ESA
Pada sila pertama ini mengandung ajaran ketauhidan dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagaimana tercermin dalam surat Al-Baqarah ayat 163 :

Al-Baqoroh163

 

“Dan Tuhanmu adalah Tuhan yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan dia yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

 

Dan dalam surat Al-Ankabut ayat 46 :

 

Al-ankabut46

 

“Dan janganlah kamu berdebat denganAhli kitab, melainkan dengan cara yang paling baik, kecuali dengan orang-orang zalim di antara mereka, dan Katakanlah: “Kami Telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu; dan kami Hanya kepada-Nya berserah diri”.

2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
Dalam sila kedua ini mencerminkan nilai kemanusiaan dan bersikap adil, hal ini diperintahkan dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 8 :

Al-Maidah8

 

“Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) Karena Allah, menjadi saksi dengan adil. dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. berlaku adillah, Karena adil itu lebih dekat kepada takwa. dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

3. PERSATUAN INDONESIA
Sila ketiga merupakan suatu ajaran persatuan serta kebersamaan serta tidak bercerai-berai, sebagaimana ajakan Allah dalam surat Al-Imron ayat 103 :

 

Al-Imron103

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu Karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu Telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.”

4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN
Sila yang memberi petunjuk dalam pelaksanaan kepemimpinan berdasarkan kebijakan yaitu bermusyawarah seperti dalam Surat Shaad ayat 20 :

Shaad20

“Dan kami kuatkan kerajaannya dan kami berikan kepadanya hikmah dan kebijaksanaan dalam menyelesaikan perselisihan.”

 

Dan dalam surat Al-Imron ayat 159

 

Al-Imron

 

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah Lembut terhadap mereka. sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu Telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.”

 

 

5. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA

Sila yang menggambarkan terwujudnya rakyat adil, makmur, aman, dan damai. Hal ini disebutkan dalam surat An-Nahl ayat 90 :

An-Nahl90

 

“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.”

 

 

BHINEKA TUNGGAL IKA

 

Hujurot13

 

“Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.”(QS Al-Hujurat 13)

 

Baqoroh213

 

“Manusia itu adalah umat yang satu. (Setelah timbul perselisihan), Maka Allah mengutus para nabi, sebagai pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab yang benar, untuk memberi Keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. tidaklah berselisih tentang Kitab itu melainkan orang yang Telah didatangkan kepada mereka kitab, yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, Karena dengki antara mereka sendiri. Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkann itu dengan kehendak-Nya. dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus”.(QS Al-Baqarah 213)

Setelah kita mengetahui dan memahami dasar dari Al-Quran tentang pancasila tersebut, marilah kita renungkan sejenak, Apakah Pancasila bertentangan dengan syari’at Islam ataukah kita yang tidak mau membuka mata, hanya orang-orang yang tertutup mata hatinya yang tidak mau menerima Pancasila, padahal sudah jelas tercantum dalam nash Al-Quran.

About these ads

Comments on: "ISLAM DAN DASAR NEGARA INDONESIA “PANCASILA”" (19)

  1. SETUJU !!!!

    saya setuju banget! gak ada alesan menolak pancasila!

    link :

    http://ducatimonster.wordpress.com/pancasila-ideoligi-ku/

  2. sip

    Komisariat Ngalah, Pasuruan telah membikin terobosan baru. Setelah band, kemudian dalil Pancasila.

    Insya Allah bermanfa’at bagi kita semua.

    Naen Am.
    (Biro Kaderisasi PB PMII)

  3. saya setuju memprtahankan pancasila. karena memiliki nilai2 islami

  4. selain itu kita sebagai bangsa yang beradab harus menghargai jasa pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini.

  5. yang jelas tuntunan Islam sudah teramat lengkap dan sangat tidak bisa SAMAKAN dengan hanya sebuah landasan hidup KARYA seorang manusia. kalo mencari dalil yang selaras dengan pancasila jelas banget di alquran n hadist ada, tapi yang perlu digaris bawahi apakah pancasila mampu mengokomodir kebutuhan manusia sebagaimana islam dengan syariatnya menuntut ummatnya. apakah sama emas dengan tembaga/kuningan?? kalo mencari unsur dalam kuningan dalam emas bisa pastikan kita dapat menemukan tapi mungkinkah nilainya keduanya menjadi sama??

  6. Cayo semangat anak PMII, but jadi orang jangan gt ya…anak PMII jangan jual mahal gt deh! :”> Wujudkan Norma2 agama Islam dalam kehidupan sehari2 Yang mulai memudar Era ini, Tunjukkan kalo Pemuda kita!!!Pemuda Indonesia adala Pemuda Yang Agamis OKE!!!!!!!!!!!!!!!

  7. trims,,,,,,,byk,,,, ini bahan gasan makalah q,,

  8. gw rasa sangat bagus

  9. ass. shbt/i pmii ngalah gimana kabarnya disana???
    dan kmi sangat setuju tolong blsnya diemailnya a.uddin18@yahoo.co.id dan minta data2nya mapaba kapan pkd lagi shbt/i pmii ngalah

  10. alhamdulillah!
    saya sempat ragu dengan pancasila
    tapi sekarang tidak

    terima kasih

  11. bolehkah saya bertanya??

    pancasila kan dibuat saat komunis gencar2nya tuh..,apa g mungkin tu pancasila hanya sebuah alat doank??

    logikanya,kalo emang berasal dari islam kenapa g islam aj sekalian?!misal, pasal 1 tuh dibikin ALLAH YANG MAHA ESA bukannya KETUHANAN YANG MAHA ESA??

  12. Salam Pergerakan buat shabat2 PMII Ngalah, semoga Allah menjaga kalian selalu dalam menyemai keberanian dalam masa-masa perburuan di camp Revolusi (Komisariat Ngalah).
    gini kang, dalil2 yang kalian gunakan untuk meligitimasi eksistensi pancasila sebagai dasar negara, nurut Q da oke, tapi alangkah baiknya, kajian ini tidak hanya berhenti di sini, Q pya usulan, agar dalil tersbut qt kembangkan lagi, stressingny adalah asbabul nuzul dalil2 tsbt sehingga dapat mempertegas dalil tsb sbg landasan pancasila secra komperhensif. selain tu q yakin masih byk dalil2 laen yg puya relevansi dengan pancasila, baik dr Al-qur’an maupun dr hadist yg belum terdeteksi. Ingat al-Qur’an tu multitafsir lhoo….!jangan hanya puas nyampek sini.ta tunggu diskusinya,oke!

  13. @pandir: Setahu saya dalam penelusuran sejarah, Pancasila tidak dibicarakan awal pada saat Komunisme kuat. Tapi pada saat pembahasan tentang “state/NKRI” dalam rapat-rapat BPUPK/PPK (sory, nggak pake “I” karena istilah Jepang yang asli tidak menyebut Indonesia secara tegas).

    Pergulatan hampir 10 tahun lebih ditunjukkan pula PMII masa awal, dalam menyusun NDP-PMII ketika hegemoni Orde Baru ttg asas tunggal, begitu dahsyat.

    Menurut saya, tafsir religi atas Pancasila, dengan pertimbangan komunitas epistemik yang unik tentunya, terjadi dimana-mana. Layaknya dasar negara, tafsir atas dasar negara tidak bersifat praktis, tapi reflektif tergantung tradisi epistemik yang melingkupinya. Level tindakan, bergantung pada habitus…

    Jerih payah “Ngalah” sebagai generasi “upload” Pancasila, pas untuk komunitas epistemis tertentu. Semisal, mahasiswa PMII yang hibriditasnya rumit: anak band, santri, orator dan blogger…

    Hebat, tho…!

    Sebagai pertimbangan sesama blogger & web-ber, sudilah kiranya, teman-teman Ngalah menulis lengkap dengan pertimbangan akademis tentunya. Hasilnya, kami ijin dengan amat-sangat, untuk dapat kami muat dalam JURNAL GEOFILSAFAT.

    Terima kasih.
    http://www.jarkom.biz

  14. ngaco. ngawur.. tafsiran dr mana tuh?
    pancasila dihubung2kan dgn ayat alquran. jelas beda..
    wa laa talbisun al haq wal bathil!!!

  15. jelas kan
    bahwa pancasila ada di alquran
    jadi jelas
    alquran itu lebih lengkap dari pada pancasila
    karena alquran itu pedoman dan dasar hidup
    pancasila juga kan
    tapi saya juga tidak mau merusak pancasila atau meruntuhkan pancasila karena sama saja itu meruntunkan negara indonesia

  16. meski begitu pancasila dan hukum hukum dibawahnya masih belum bisa menaungi umat islam juga umat yang lain khususnya

  17. saya sangat setuju

  18. Ya…inilah negara qt!!so..selama tidak menentang Al-quran dan Hadist q setuju jg dunk!!!^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: