Zona Aktualita dan Transformasi Idea Pergerakan


Salamin-Dikalangan anak muda NU, terutama yang tergabung dalam wadah organisasi kemahasiswaan PMII, diawal tahun 1990-an mulai ramai membicarakan “Aswaja”.

Pada mulanya perbincangan baru seputar pertanyaan, mengapa aswaja menghambat perkembangan intelektual masyarakat ? diskusi terhadap doktrin ini lalu sampai kesimpulan, bahwa kemandegan berfikir ini karena kita mengadopsi mentah-mentah bahwa aswaja secara “Qod’I” (kemasan praktis pemikiran aswaja). Lalu dicobalah membongkar sisi metodologi berfikirnya (Manhaj Al-fikr): Yakni cara berfikir yang menganggap prinsip Tawasuth (moderat), Tawazun (keseimbangan), dan Ta’adul (keadilan). Setidaknya prinsip ini bisa mengantarkan pada sikap keberagaman yang non tatharruf atau ekstrim kiri dan kanan.

 

LATAR KULTURAL DAN POLITIK KELAHIRAN ASWAJA
Selama ini yang kita ketahui tentang ahlusunnah waljama’ah adalah madzhab yang dalam masalah aqidah mengikuti imam Abu Musa Al Asyari dan Abu Mansur Al Maturidi. Dalam praktek peribadatan mengikuti salah satu madzhab empat, dan dalam bertawasuf mengikuti imam Abu Qosim Al Junandi dan imam Abu khamid Al Gozali.

Kalau kita mempelajari Ahlussunnah dengan sebenarnya, batasan seperti itu nampak begitu simple dan sederhana, karena pengertian tersebut menciptakan definisi yang sangat eksklusif Untuk mengkaji secara mendalam, terlebih dahulu harus kita tekankan bahwa Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) sesungguhnya bukanlah madzhab, Aswaja hanyalah sebuah manhaj Al fikr (cara berpikir) tertentu yang digariskan oleh para sahabat dan muridnya, yaitu generasi tabi’in yang memiliki intelektualitas tinggi dan relatif netral dalam mensikapi situasi politik ketika itu. Meski demikian, bukan berarti dalam kedudukannya sebagai Manhaj Al fikr sekalipun merupakan produk yang bersih dari realitas sosio-kultural maupun sosio politik yang melingkupinya.

Ahlusunnah tidak bisa terlepas dari kultur bangsa arab “tempat islam tumbuh dan berkembang untuk pertama kali”. Seperti kita ketahui bersama, bangsa arab adalah bangsa yang terdiri dari beraneka ragam suku dan kabilah yang biasa hidup secara peduli. Dari watak alami dan karakteristik daerahnya yang sebagai besar padang pasir watak orang arab sulit bersatu dan bahkan ada titik kesatuan diantara mereka merupakan sesuatu yang hampir mustahil. Di tengah-tengah kondisi bangsa yang demikian rapuh yang sangat labil persatuan dan kebersamaannya, Rosulullah diutus membawa Islam dengan misi yang sangat menekankan ukhuwah, persamaan dan persaudaraan manusia atas dasar idiologi atau iman. Selama 23 tahun dengan segala kehebatan, kharisma, dan kebesaran yang dimilikinya, Rosulullah mampu meredam kefanatikan qobilah menjadi kefanatikan agama (ghiroh islamiyah). Jelasnya Rosulullah mampu membangun persatuan, persaudaraan, ukhuwah dan kesejajaran martabat dan fitrah manusia. Namun dasar watak alami bangsa arab yang sulit bersatu, setelah Rosulullah meninggal dan bahkan jasad beliau belum dikebumikan benih-benih perpecahan, gendrang perselisihan sudah mulai terdengar, terutama dalam menyikapi siapa figure yang tepat mengganti Rosulullah ( peristiwa bani saqifah ).

Perselisihan internal dikalangan umat Islam ini, secara sistematis dan periodik terus berlanjut pasca meninggalnya Rosulullah, yang akhirnya komoditi perpecahan menjadi sangat beragam. Ada karena masalah politik dikemas rapi seakan-akan masalah agama, dan aja juga masalah-masalah agama dijadikan legitimasi untuk mencapai ambisi politik dan kekuasaan.

Unsur-unsur perpecahan dikalangan internal umat Islam merupakan potensi yang sewaktu-waktu bisa meledak sebagai bom waktu, bukti ini semakin nampak dengan diangkatnya Usman Bin Affan sebagai kholifah pengganti Umar bin Khottob oleh tim formatur yang dibentuk oleh Umar menjelang meninggalnya beliau, yang mau tidak mau menyisahkan kekecewaan politik bagi pendukung Ali waktu itu. Fakta kelabu ini ternyata menjadi tragedy besar dalam sejarah umat Islam yaitu dengan dibunuhnya Kholifah Usman oleh putra Abu Bakar yang bernama Muhammad bin Abu Bakar. Peristiwa ini yang menjadi latar belakang terjadinya perang Jamal antara Siti Aisyah dan Sayidina Ali. Dan berikut keadaan semakin kacau balau dan situasi politik semakin tidak menentu, sehingga dikalangan internal umat Islam mulai terpecah menjadi firqoh-firqoh seperti Qodariyah, Jabbariyah Mu’tazilah dan kemudian lahirlah Ahlus sunah. Melihat rentetan latar belakang sejarah yang mengiringi lahirnya Aswaja, dapat ditarik garis kesimpulan bahwa lahirnya Aswaja tidak bisa terlepas dari latar belakang politik.

 

ASWAJA SEBAGAI MANHAJ AL-FIKR
Melihat dari latar cultural dan politik sejarah kelahiran Aswaja, beserta ruang lingkup yang ada di dalamnya. Terminologi Aswaja yang sebagai mana kita pegangi selama ini, sehingga tidak jarang memunculkan paradigma jumud (mandeg), kaku, dan eksklusif atau bahkan menganggap sebagai sebuah madzhab dan idiologi yang Qod’i. Bagaimana mungkin dalam satu madzhab kok mengandung beberapa madzhab, dan bagaimana mungkin dalam satu idiologi ada doktrin yang kontradiktif antara doktrin imam satu dengan imam yang lain.

Salah satu karakter Aswaja adalah selalu bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi, oleh karena itu Aswaja tidaklah jumud, tidak kaku, tidak eksklusif, dan juga tidak elitis, apa lagi ekstrim. Sebaliknya Aswaja bisa berkembang dan sekaligus dimungkinkan bisa mendobrak kemapanan yang sudah kondusif. Tentunya perubahan tersebut harus tetap mengacu pada paradigma dan prinsip al-sholih wa al-ahslah. Karena itu menurut saya implementasi dari qaidah al-muhafadhoh ala qodim al-sholih wa al-akhdzu bi al jadid alashlah. Adalah menyamakan langkah sesuai dengan kondisi yang berkembang pada masa kini dan masa yang akan datang. Yakni pemekaran relevansi implementatif pemikiran dan gerakan kongkrit ke dalam semua sector dan bidang kehidupan baik, aqidah, syariah, akhlaq, social budaya, ekonomi, politik, pendidikan dan lain sebagainya.

Walhasil, Aswaja itu sebenarnya bukanlah madzhab. Tetapi hanyalah manhaj al-fikr atau paham saja, yang di dalamnya masih memuat beberapa aliran dan madzhab. Ini berarti masih terbuka luas bagi kita wacana pemikiran Islam yang transformatif, kreatif, dan inovatif, sehingga dapat mengakomodir nuansa perkembangan kemajuan budaya manusia. Atau selalu up to date dan tanggap terhadap tantangan jaman. Nah dengan demikian akan terjadi kebekuan dan kefakuman besar-besaran diantara kita kalau doktrin-doktrin eksklusif yang ada dalam Aswaja seperti yang selama ini kita dengar dan kita pahami dicerna mentah-mentah sesuai dengan kemasan praktis pemikiran aswaja, tanpa mau membongkar sisi metodologi berfikirnya, yakni kerangka berpikir yang menganggap prinsip tawassuth (moderat), tawazun (keseimbangan), ta’adul ( keadilan) dapat mengantarkan pada sikap yang mau dan mampu menghargai keberagaman yang non ekstrimitas (tatharruf) kiri ataupun kanan.

NILAI-NILAI ASWAJA YANG TOLERAN DAN ANTI EKSTREM?
Dalam sejarah tokoh pemikir Islam, kehadiran Abu Hasan al-Asya’ari dan Abu Manshur al-Maturidi, melalui pemikiran-pemikiran teologis kedua orang ini berhasil mempengaruhi pikiran banyak orang dan mengubah kecenderungan dari berpikir rasionalis ala Mu’tazilah kepada berpikir tradisionalis dengan berpegang pada sunnah Nabi. Asawaja dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya seperti tawassuth, tawazun tasamuh mampu tampil sebagai sebuah ajaran yang berkarakter lentur, moderat, dan fleksibel. Dari sikap yang lentur dan fleksibel tersebut barang kali yang bisa mengantarkan paham ini diterima oleh mayoritas umat Islam di Indonesia.

About these ads

Comments on: "Aswaja SEBAGAI MANHAJUL FIKR" (44)

  1. dewi noor sani said:

    jika aswaja menjadi manhajul fikr..
    aku juga bermimpi, kalau gender menjadi manhajul fikr kita.
    alangkah setaranya hidup ini…

    • PK.PMII STKIP PGRI SUMENEP…
      Memang Benar,,,,,,,,,,,,,,,,
      kalu selama ini warga pergerakan sudah terhegemoni oleh penguasa padahal,,,aswaja,,,,,,,,memberikan bagaimana kita berfikir krits,,dan mampu mentrasfomatifkan,,sebagai perjalanan gerakan kita dalam memperkuat ediologi,,,PMII…
      BAY,.,,SUKRAN …07

    • PK.PMII STKIP PGRI SUMENEP…

      Memang Benar,kalu selama ini warga pergerakan sudah terhegemoni oleh penguasa padahal,,,aswaja,,,,,,,,memberikan bagaimana kita berfikir krits,,dan mampu mentrasfomatifkan,,sebagai perjalanan gerakan kita dalam memperkuat ediologi,,,PMII…
      BAY,.,,SUKRAN …07

  2. Utk DUNISAyg membedah mahzab yang 1 yaitu Al Ghozali dan yang lain cuma syariatnya.Seorang mahasiswa/masyarakat harus mempunyai nilai2 didalam ASWAJA&ketentuan lain dpt membangun persatuan, persaudaraan, ukhuwah dan kesejajaran martabat dan fitrah manusia. Namun dasar watak&karateristik alami bangsa arab yang sulit bersatu

  3. ASS.shbt/i pmii ngahala gimana ada pkd pa kalau ada tlng beritahu ke pmii sepanjang ya dri pmii ypm

  4. Zainal Abidin (Sekretaris PMII Komisariat Sunan Ampel UIN Malang) said:

    sahabat, sekarang ASWAJA tidak bisa sekedar diposisikan sebagai manhajul fikr lagi. tetapi
    harus lebih lagi pada manhajul harokah (metodologi gerakan)… thanks

  5. Zainal Abidin (Sekretaris PMII Komisariat Sunan Ampel UIN Malang) said:

    salam persahabatan dari sahabat2 PK PMII Sunan Ampel UIN Malang. kalo bs minta contact person sahabat2 PMII Ngalah… Wass

  6. PK SALAHUDIN PAS said:

    sahabat, sebenarnya pada saat ini yang paling penting adalah aktualisasi lapangan bagi warga PMII yang sudah dibaiat untuk senan tiasa melaksanakan ideologi PMII yang berazaskan ASWAJA. tangan terkepal maju ke muka, sahabat! kita perjuangkan ideologi PMII yang kian terkikis oleh perubahan zaman yang tidak bersahabat…bukan hanya dengan ucapan atau pengetahuan belaka, tapi dengan tindakan nyata dalam kehidupan kita…hidup ASWAJA!!!salam sahabat kom. salahudin.

  7. aswaja dalam pmii memang lebih dkenal sbg manhajul fikr tapi gak cukup dwilyah itu saja dan sebaiknya sbgai manhaj alkharokah, sepakt ga?

  8. pmii sekarang mengalami degradasi kader dikarenakan pengurus cabang tidak pernah memperhatikan komesariat dan di harapkan seluruh pmii tidak mengedepankan egonya masing-masing demi suatu jabatan

  9. Em.safuan (PK STITMA TUBAN).

    Aswaja yang sering didiskusikan dan sebagai MAHAJUL FIKR,” ditambah lagi bahwa aswaja sebagai Manhajul harokah (metodologi gerakan), pertanyaanya gerakan yang bagaiman..?
    laterus menurut kakang-kakang PMII, gimana kalau Aswaja sebagi Manhajul Qolbi? (tempat penerapan hati)?

  10. afandi Ketua PMII PK Umar Tamim Unipdu Jombang said:

    ass…aswaja sudah basi kalau hanya diwacanakan, mulai aswaja sebagai madzhab sampai dengan aswaja seabagai manhaj,,,,dari manhajul harakah, manhaj taghayyur dan manhaj manhaj yang lainnya, terserah dec…. manhaj apa,,,,yang penting bagaimana aswaja tidak hanya diwacanak, akan tetapi bagaimana aswaja bisa diaplikasikan dalam kehidupan sosial sehari-hari…gimana sahabat!!!!!!!!!!!

  11. afandi Ketua PMII PK Umar Tamim Unipdu Jombang said:

    salam kenal sahabat. dari PMII Jombang…kalau ada kegiatan tolong hubungi 085731449789 atau 081330099627. atau bisa lewat email: fandi_bojes@yahoo.co.id

    • insya allah
      pengurus badan fungsional tarbiyah islamiyah miftahul khoirot pmii koms. sunan kalijaga universitas negeri malang akan mengadakan PERINGATAN TAHUN BARU HIJRIAH 1432 H, ada istighosah kubro, doa akhir dan awal tahun, live show TERBANG AL BANJARI “SUNAN KALJOGO”, penampilan DAI CILIK “BF TPA-I MIFTAHUL KHOIROT”(tpq binaan pmii), dan ada ceramah akbar

      ada juga yang lain dari pengurus badan fungsional taman pendikan alquran-inggris (TPA-I) Miftahul khoirot pmii koms. sunan kalijaga universitas negeri malang insya allah akan mengadakan DIKLAT USTADZ/USTADZAH TPQ pada pertengahan januari

      dan ada juga festifal sholawat se MALANG RAYA pada akhir januari

      datang yaaaaa…..!

  12. wahyu tri mulyono said:

    ass wr wb
    salam pergerakan
    ada kabar nih dari pmii komDEWA, tanggal 23-26 juli 2009 nanti diadakan PKD. info lebih lanjut telp 085755579846(wahyu) atau 085646691423(Yeni)
    bagi yang mau berminat ikut, dilahkan hubungi nmer diatas atau datang aja langsung ke komisariat Ki Hajar Dewantara belakangnya STKIP PGRI Pasuruan.

    q pngen tanya
    dalam aswaja ini ada berapa golongan yang termasuk dalam kategori aswaja dan siapa aja nama golongan itu? lalu, dengan metode apa kita bisa mengatakan bahwa golongan – golongan itu termasuk aswaja? tolong jelaskan secara ilmiah dan dari kacamata islam

    aku tunggu jawabannya kirim ke alamat emailku
    h4rg0_dum1l4h@yahoo.com

  13. Salam Pergerakan!!!

    salam kenal aza

    Dengan Fikr Kita Beretika
    Dengan Zikr Kita Berdialektika
    Dengan Amal Shaleh Kita Berderma

    Tangan Terkepal & Maju Kemuka
    Wallahu Muwaffieq IlaaAqwamith-Tharieq

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    by:
    PMII PR. Syari’ah & Ekonomi Islam
    IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

  14. SALAM PERGERKAN !

    DAN UTAMA SALAM PERSAHABATAN BUAT KITA SEMUA.

    saya memberikan surprise buat sahabat2/i Ngalah. dapat bisa memberikan sedikit pemahaman ASWAJA SEBAGAI manhaj al-fikr,.walaupun itu hanya lewat media net, tapi cukuo membanggakan, hitung-hitung juga sangat membanggakan buat kita orang orang timur indonesia.
    terkemuka dari saya’ adlah salam perkenalan
    wallahul mawaffieq ilaa aqwamith tharieq

    Sekretaris PMII Komisariat Universitas Pattimura Ambon

  15. M. Ali Imron said:

    bagus sahabat, n terima kasih atas informsinya tentang aswaja sebagai manhajul fikr, karena besok disuruh mengisi di acara MAPABA PMII Rayon Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang

  16. Pencinta Syariah said:

    Mahasiswa mesti berfikir Ideologis. Tidak mengambil jalan tengah(kompromi dg sekulerisme) dan tidak asal ikut-ikutan. Mari bersatu, bergerak, tegakkan Ideologi Islam..

    • sopo iki

      pmii itu mengenal tawasuth (moderat)
      pmii itu tidak memendang islam sebagai ideologi tapi sebagai agama
      pmii itu tak mendang sekularisme dengan HITAM-PUTIH
      pmii itu berhaluan NASIONALISME dan ISLAM AHLUSUNNAH WALJAMAAH

  17. wah asyik jg pendapat2 para sahabat2 PMII, sebenernya saya minder melihat hampir atau bhkan smua yg coment adalh org yg punya kdudukan.
    dsni saya adlh oqg awam yg tw tak tw tntg PMII, Sya cuma pgen ty, apa benar PMII tu berasaskan Aswaja? apakah yg bkn golongan aswaja tdk dperbolehkan ikut dlam orgnsasi PMII?trmksh.. mhon jawbnnya dkrmkan lwt email masyaifa_iyul@yahoo.co.id

  18. apa yng di mksd aswaja????????????

    • ASWAJA kependekan dari AHLUSSUNNAH WALJAMAAH yg terdiri dari tiga kata
      a. ahlun = 1 Keluarga (Ahlul bayt, keluarga rumah tangga)
      2 Pengikut (Ahlussunnah, pengikut sunnah)
      3 Penduduk (Ahlul Jannah, penduduk surga)

      b. as-sunnah = jejak yang diridhai dan menjadi pijakan dalama agama, yang pernah ditempuh oleh Rasulullah  atau orang yang menjadi panutan dalam agama seperti sahabatjejak yang diridhai dan menjadi pijakan dalama agama, yang pernah ditempuh oleh Rasulullah  atau orang yang menjadi panutan dalam agama seperti sahabat
      c. al jamaah =Makna al-Jama’ah: menjaga kekompakan, kebersamaan dan kolektifitas, kebalikan dari kata al-furqah (golongan yang berpecah belah). Dikatakan al-jama’ah, karena golongan ini selalu memelihara kekompakan, kebersamaan dan kolektifitas terhadap sesama. Meskipun terjadi perbedaan pandangan di kalangan mereka, perbedaan tersebut tidak berakibat pada sikap saling mengkafirkan, membid’ahkan dan memfasikkan orang yang berbeda.

      jadi ahlussunnah wal jamaah adalh=

      السنة لغة الطريقة ولو غير مرضية، وشرعا اسم للطريقة المرضية المسلوكة في الدين سلكها رسول الله  أو غيره ممن هو علم في الدين كالصحابة ، لقوله : عليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين من بعدي، وعرفا ما واظب عليه مقتدى نبيا كان أو وليا، والسني منسوب إلى السنة اهـ (حضرة الشيخ محمد هاشم أشعري، رسالة أهل السنة والجماعة ص/5).

  19. ali. pr gusdur ikip pasuiruan said:

    salam pergerakan
    thanks atas semuanya. terima kasih atas ilmu aswajanya…

  20. salam pergerakan tuk shabat-shabati PMII…………..

    by:moh.romly
    PMII komisariat STKIP PGRI Bangkalan

  21. ady wijaya said:

    mari kita kuatkan jaring pemuda aswaja

    by; Ady wijaya PMII KOM.STKIPPGRI BANGKALAN MADURA

  22. terkadang dari para kader PMII kurang mengetahui dan kurang mendalami aswaja itu sendiri, sehingga yang lahir adalah kader yang pragmatis, makasih banyak untuk para kader yang memang mengabdikan diri x untuk PMII. ( Ketua BEM STAIN Watampone 2010)

  23. salam pergerakan…!

    salam buat sahabat-sahabati semua dari PK PMII INTITUT ILMU KEISLAMAN ANNUQAYAH (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep

  24. pmii terus bergerak,,,,untuk kemajuan

  25. ia allah, !
    W nTu orng yg awam tntng organisasi,, pi stlah kmrn ngikut mapaba pmii komisariat staima cirebon, w jdi kya idup lbih b.arti bgd.. w lbi pnya taste idup di organisasi, , jdi tau bnyk tntng islam, terutama tarikh dan metode ideolog.a, !
    Insyaallah.. Saya akan aktiv di pmii.

  26. ass… alangkah baiknya wacana bisa di aplikasikan dalam khidupan sehari- hari,,,khususx di lingkungan pmii..kbanyakan kader2 pmii tidak bisa merealisasikannya dalam khidupan nyata..

  27. bagi saya pmii adalah kampus kedua….
    hidup pmii !!!!!
    salam kenal sahabat,saya dari pmii komisariat daru ulum jombang

  28. bagi saya pmii adalah kampus kedua….
    hidup pmii !!!!!
    salam kenal sahabat,saya dari pmii komisariat daru ulum jombang…

  29. Firman ManChacky said:

    org yg cerdas n org pmii adlh yg dpt mmilih hal yg baik d antara 2 hal yg sm burukx. PMII STIN PALOPO

  30. salam pergerakan PMII……….tetap Semangat ! salam,,sahabat-sahabati……ad yg tahu g,ASWAJA terdiri dr berapa macam????????? terimakasih,,,,,,,,,,,:)

  31. Salam silaturahmi

  32. salam pergerakan ………!!!!
    tetap Semangat ! salam,,sahabat-sahabati……
    ASWAJA yg penting Asal wajar-wajar saja ..

    salam silaturohim..
    PMII KOMISARIAT ARYO PENANGSANG CEPU
    tunduk tertindas atau bangkit melawan.
    cp : 085641577350

  33. Mas Youyun perwira PMII Raden wijaya mojokerto said:

    janganlah kalian hanya menjadi pembaca sejarah,
    akan tetapi jadilah kalian sbagai pelaku sejarah…
    saat ini bendera di tangan kalian sahabat2..

  34. Mantap Sahabat…
    salam kenal…

  35. Salam kenall sahabat.
    kami dari sahabat pmii koms.wahab chasbulloh mnt tlomg law da kgiat bsa hubungi kami mgkin kita bisa silaturahim ksna,,,ni numb a
    087752697854

  36. salam kenal all
    Ahmad. Saiho SEKUM PMII PK.STKIP PGRI BANGKALAN
    mohon infonya sahabat2i kalau ada kegiatan

  37. nawan 14 Desember 2012 pada 07.00 said:

    aswaja sebagai manhajul al fikr tidak dilihat dari paradigam berpikir seseorang atau hanya sekedar dijadikan ideologi,,tapi intinya perilaku sehari hari menggambarkan klaw kita bisa mengamalkan aswaja tersebut

  38. riki pk pmii sekolah tinggi teknologi cipasung said:

    salam pergerakan …… jangan cuma ucapan tetapi harus seimbang antara ucapan dan gerakan menurut gus miek ulama jawa “dari sekarang kita harus berpikir,dari kanak kanak harus berpikir entar dewasa mau jadi apa ,orang dewasa pun harus berpikir entar tua mau tua seperti apa,orang tua pun harus berpikir entar kalo mati mati dalam keadaan apa.
    …………………..
    dari abu hurairah rosululloh bersabda berpikir sesaat lebih baik ketimbang beribadah seratus taun .kontek berpikir disini lebih ke baik ,buruk pahala dan dosa
    nah pergerakan pmii jangan hanya mementingkan pribadi dan merugikan orang lain tetapi jangan berat sebelah dalam aswaja pmii di jelaskan tentang keseimbangan……
    ada sebuah kata kata yang menjadi sebuah pengalaman ‘ketika kita memikirkan orang banyak disaat membthkan bantuan membutuhkan pertolongan maka orang banyak pun akan memikirkan kita ….kembali ke kontek berfikir kalo kita berpikir ucapan atau pergerakan kearah yang lebih baik akan mengetahui tujuan hidup dan akan mengetahui hakikatnya sebagai hamba ….
    salam silaturahmi
    SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI CIPASUNG
    PK PMII
    FB.rikie.nicky@yahoo.com
    hp.087725300971

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: